Nasi Beras Hitam

Beras Hitam berbeda dengan ketan hitam, antara lain tidak lengket bila dimasak. Kandungan beras hitam berupa zat anthocyanin, zat alamiah antioksidan tinggi yang berguna melindungi kerusakan sel akibat oksidasi atau kontaminasi zat beracun.

Pigmen beras hitam juga kaya dengan kandungan materi aktif flavonoid, yang sangat berperan dalam mencegah pengerasan pembuluh nadi. Selain itu beras hitam memiliki kandungan serat sekitar 100 kali lipat dari beras putih, sehingga sangat menyehatkan. Beras hitam juga memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga mampu menjaga kestabilan gula darah. 

Para penderita diabetes menggunakan beras hitam untuk diet, karena beras hitam memiliki efek kenyang yang panjang dan dalam porsi sedikit sudah mengenyangkan. Para ahli kesehatan sangat menganjurkan terapi diabetes dengan full mengkonsumsi beras hitam untuk diabetes parah dan tidak lagi mengkonsumsi beras putih, hanya beras hitam untuk penderita diabetes yang dalam kondisi kadar gula darah tinggi. Beras hitam dan beras merah dalam hal diet diabetes memiliki kemanfaatan yang hampir sama, namun untuk diabetes yang parah beras hitam memiliki kemampuan pemulihan kesehatan yang lebih cepat dan lebih baik.


Perlu dicatat bahwa sebenarnya beras hitam ini bukanlah obat, namun beras hitam berperan sangat besar mendukung tubuh mampu secara maksimal mengeluarkan potensinya dalam memelihara kesehatan, mencegah terjadinya penyakit, dan memulihkan kesehatan yang menurun.

Berikut ini adalah table mengenai komposisi gizi berbagai beras dalam 100 gram yang diambil dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia pada tahun 2009.

Komposisi kandungan Berbagai Jenis Beras
Jenis
Energi (Kkal)
Protein (Gr)
Karbohidrat (Gr)
Lemak (Gr)
Serat (Gr)
Beras Putih
357
8,4
1,7
77,1
0,2
Beras Merah
352
7,3
0,9
76,2
0,8
Beras Hitam
351
8
1,3
76,9
20,1



Masyarakat belum mengenal beras hitam seperti layaknya beras merah. Orang akan mengasosiasikan beras hitam dengan ketan hitam. 

Di warung pecel PSSM Martani Prambanan, kami menyajikan pecel dengan pilihan aneka beras sehat. Pembeli dapat memilih untuk mengkonsumsi nasi beras hitam, nasi beras merah, dan nasi beras coklat. Kami mengenalkan nasi beras hitam kepada masyarakat sekitaran warung PSSM Prambanan tempat kami tinggal. Sembilan puluh persen mengatakan belum pernah makan nasi hitam. Padahal kelompok tani yg memproduksi beras hitam hanya terletak puluhan km dari Prambanan.

No comments:

Post a Comment