Tas Tas Plastik di Martani

Indikator kesehatan sebuah rumah tangga adalah zero waste salah-satunya. Yaitu sesedikit mungkin dihasilkan sampah. Jika pun ada sampah, maka dikelola dengan baik.






Dua hal;

  1. mencegah membuat sampah dengan cara selalu membawa tas belanja dari rumah. Membawa box makanan dan tempat minum untuk menghindari pemakaian plastik pembunvgkus makanan. 
  2. melakukan pemilahan dan pengolahan sampah. Masukkan sampah yg berbeda sesuai dengan kategorinya. Misalnya: plastik, kertas, layak kreasi, logam & kaca. Sampah dapur organik dibuat pupuk cair dan kompos. Dimasukkan ke lobang tanah atau ember komposter.
Penyediaan tas-tas belanja harus terus disosialisasikan, diingatkan, dimudahkan. Namanya mengubah habit wah gak bisa satu malam terjadi tuh. Butuh bantuan semua pihak.

Belajar dari si mbah-mbah penjual sayuran dan makanan di pasar-pasar tradisional di Jogja - Klaten tempat kami tinggal. Mereka membawa tas tenteng terbuat dari anyaman plastik warna-warni cantik. Martani membantu mendistribusikan tas plastik ini kepada khalayak ramai melalui toko online Shopee/Maguantara5678.

No comments:

Post a Comment