Rempah Nusantara dan Bumbu Alam Tani Kepaya / Tanindi

Seberapa besar pengetahuan kita atas rempah Nusantara adalah tantangan kita semua. Mengenal bukan hanya sebatas mengkonsumsi produk akhir berupa makanannya. Tapi juga dari hulunya, sang petani, rantai produksi dan sampai pengolahannya. Ada banyak cara untuk mengenal rempah Nusantara, salah-satunya yg kami lakukan adalah dengan memproduksi Bumbu Alami dengan aneka pilihan rasa.

Sebuah warung mie aceh di Kota Jogja menempelkan hiasan dinding berupa rempah yg mereka gunakan untuk memasak hidangannya.

Gak ada poto micin khan wakakakkk dalam jajaran rempah Nusantara. Tapi kenapa masih tetepppp pake micin yakkkk. Kurang gurih komentar banyak orang.

22/Des/2015. Bungong Jeumpa Aceh Kuliner

  1. Bawang merah
  2. Bawang putih
  3. Cabe
  4. Jahe
  5. Kunyit 
  6. Kencur
  7. Daun salam
  8. Belimbing wuluh
  9. Daun jeruk
  10. Kelapa
  11. Buah asam
  12. Daun bawang
  13. Seledri
  14. Lengkuas
  15. Sereh
  16. Jinten
  17. Ketumbar
  18. Kapulaga
  19. Merica lada
  20. Kayu manis
  21. Kemiri
  22. Cengkeh
  23. Bunga lawang
  24. Buah pala
Dari 24 daftar rempah ini, berapa persen yg anda kenali, pernah coba, sering dipakai, punya tanamannya di halaman, kenal dengan petaninya, tahu harga per kg, tahu dimana ditanam dan rantai produksinya, dsb dsb.

Seorang petani lada di Lampung, tadi pagi (2 April 2018) ngobrol di Pawon Martani Tulung Kalasan, menceritakan kalau harga lada jatuh. Kita bilang tak ada harga. Satu kilogram hanya 50-60.000 dari yg biasanya 150.000/kg. Dibiarkan saja di kebun tidak dipanen ujarnya.

Bagaimana anda menyikapi bergejolaknya harga aneka rempah?
Kami memproduksi bumbu instan, NO MSG, vegan dengan rasa gurih dari kaldu jamur dan campuran aneka rempah ini. Mungkin tidak bisa memastikan semua produksi panenan petani terserap. Setidaknya kami mengerti saat perubahan harga terjadi. Kami juga lebih bisa menyediakan bumbu sehat untuk publik luas.

Bumbu Alam Tanindi / Tani Kepyar

Bumbu Alam Tanindi / Tani Kepyar

Kontak Najib 0811.2640.242 untuk detil info aneka bumbu sehat Martani. Follow IG @tanikepyar dan @martani.organic untuk lebih banyak photos dan koment.


No comments:

Post a Comment