Teh Daun Antana & Teh Biru Bunga Telang > NON Camellia

Ada berapa macam teh yg pernah anda cicipi? Teh celup dan teh tubruk, itu jawaban yg biasa dikatakan kebanyakan orang.

Merujuk ke buku kartun tentang teh yg ditulis seorang mahasiswa ISI Jogja, TEH PUNYA CERITA oleh Bintang Suhadiyono tahun 2017, teh berwarna coklat berasal dari satu jenis tanaman ber-genus CAMELLIA. Menurutnya terdapat dua spesies, yaitu Camellia sinensis dan Camellia assamic.

Pencarian soal teh tidak berhenti di satu buku. Googling dan menemukan sebuah artikel yg menyebutkan bahwa pembagian seperti itu terjadi sebelum tahun 1958. Setelah tahun itu, semua teh dikenal sebagai satu spesies tunggal. Yaitu Camellia sinensis dengan beberapa varietas khusus, yaitu sinensis, assamica dan irrawadiensis.

Teh Camellia sinensis O.K.Var.assamica (Mast) diklasifikasikan:

Divisi : Spermatophyta (tumbuhan biji)
Sub divisi : Angiospermae (tumbuhan biji terbuka)
Kelas : Dicotyledoneae (tumbuhan biji belah)
Sub Kelas : Dialypetalae
Ordo (bangsa) : Guttiferales (Clusiales)
Familia (suku) : Camelliaceae (Theaceae)
Genus (marga) : Camellia
Spesies (jenis) : Camellia sinensis
Varietas : Assamica

Bagi yg sudah lupa soal nama latin dan penggolongannya, gak usah khawatir. Sebut saja teh coklat tuh teh Camelia, seperti lagunya Ebiet G Ade camellllllliiiiiiiaaaaa .... Ada juga yg diplesetkan menjadi teh kamomil. Walau pengertiannya kemudian merujuk ke seduhan dari bunga chamomile, nama latin Matricaria chamomilla. Jiyahhh ketemu lagi istilah nama latin hihi. Biar gak ketuker, memang kita menggunakan nama latin sebagai bahasa universal di seluruh dunia.

Ada beberapa jenis teh tergantung proses oksidasinya. Yaitu teh putih, teh hijau, teh kuning, teh hitam, teh oolong, teh pu erh, teh wangi. Semuanya ini berasal dari tanaman si camelia.

Nah ada juga jenis teh yg bukan dari tanaman camelia. Misalnya dari daun antana yg dikeringkan. Seduhan teh daun antana berkhasiat untuk kesehatan.

Daun Antana

Teh Antana

Teh biru bunga telang terbuat dari seduhan bunga telang. Clitoria ternatea nama latinnya bunga telang. Yes memang mirip alat kelamin perempuan, makanya dikasih nama clitoria.

Teh Celup Biru Bunga Telang
Teh biru bunga telang bisa juga dicampur tambahan rempah lainnya. Misalnya sereh. Warna hijau adalah reaksi akhir setelah warna biru ketemu warna hijau.

Teh Hijau Telang & Sereh
Dan masih banyak lagi kombinasi lain yg sangat mungkin terjadi saat kita mau mencoba bereksperimen menggali kembali kekayaan rempah yg kita Nuswantara miliki.

No comments:

Post a Comment