Bunga Telang di Warung Martani Prambanan


Ada banyak pertanyaan, apa tuh bunga warna biru? Bunga Telang namanya. Clitoria ternatea nama latinnya. Tanaman ini tumbuh merambat oleh karenanya baik dipakai sebagai tanaman penutup / rambatan di pagar atau tembok kebun anda. Saat matahari pagi bersinar, morning blossom memang istilah yg pas. Puluhan bunga biru akan bermekaran menyambut anda.


Ambil beberapa bunga telang segar, seduh air panas. Biarkan sejenak, aduk. Tambahkan jeruk nipis akan mengubah warna teh biru menjadi ungu. Tambahkan gula jika suka (saya sih suka rasa tawarnya).

The biru bunga telang mulai marak di warung-warung kecil, bukan hanya di cafe-cafe kota besar. Kenapa begitu. Karena kami ingin melihat si produsen petani bunga telang juga mendapat keuntungan finansial dan eksis atas usahanya mengembang-biakkan bunga telang.

Ditanam di sekitaran warung, dipetik ketika pagi, dikeringkan dan dikemas jika ada yg membutuhkan.

Martani memulai menanam bunga telang di Jogja saat kami membuka warung pecel di Bugisan Prambanan. Biji kami bawa dari Warung Martani Bogor. Agak berbeda laju pertumbuhan tanaman telang di Bogor yg banyak hujan dan di Prambanan yg saat kami pindah pada Juli 2015 sedang musim bako (musim tanam tembakau = musim panas).

Kami rambatkan di halaman depan warung.



Sampoo ekstraksi bunga telang produksi Thailand. Belum pernah lihat ada yg produksi di Indonesia. Semoga segera ada lah. Tantangan buat kita semua untuk mengolah produk pertanian kita. 


Jajaran bunga telang segar siap dikeringkan. Tujuan pengeringan agar dapat disimpan lebih lama. Martani menjual bunga telang kering siap seduh. 


Tanaman bunga telang tumbuh merambat.

Order bunga telang kontak Yusup 0813.1780.5953.

No comments:

Post a Comment